sisi lain star bola

Selasa, 07 Juni 2011


Minggu, 1 Mei 2011  18:01 wib

Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)MULIA - Bupati Kabupaten Puncak Jaya, Papua Lukas Enembe mengatakan 90 persen warga kota Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, hidup di bawah garis kemiskinan, hal ini disebabkan pola hidup masyarakat setempat yang konsumtif.

“Uang sebanyak Rp100 juta yang diberikan Pemerintah, saat itu juga langsung dihabiskan masyarakat. Mereka tidak tahu bagaimana caranya uang tersebut dilipat gandakan atau ditabung untuk masa depan,” ujar Enembe, saat ditemui wartawan di Mulia, Sabtu (30/4/2011).

Uang yang diberikan Pemerintah berupa program Respek, lanjut Enembe selalu digunakan warga untuk membeli Babi sebagai binatang piaraan yang dipersembahkan saat acara adat berlangsung.

Selain itu faktor transportasi juga menjadi salah satu penyebab warga hidup dibawah garis kemiskinan. Di mana sulitnya alat transportasi menyebabkan warga kesulitan untuk menjual hasil pertanian mereka.

“Hasil panen warga yang melimpah, selama ini dikonsumsi sendiri karena mereka tidak tau mau dikemanakan hasil-hasil panen tersebut. Transportasi juga kan sulit dijangkau, ” terang Enembe.

Kabupaten Puncak Jaya merupakan salah satu Kabupaten di wilayah pegunungan Papua dengan ketinggian 3.000 meter di atas permukaan laut, umumnya warga setempat berpenghasilan sebagai petani.
(ful)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar